Senin, 18 Januari 2010

Toxoplasma gondii

Toxoplasma gondii

Toxoplasma gondii

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/39/Toxoplasma_gondii_tachy.jpg

T. gondii tachyzoites

Klasifikasi ilmiah

Domain:

Eukaryota 

Kerajaan

Protista 

Superfilum:

Alveolata 

Filum:

Apicomplexa 

Kelas

Conoidasida 

Subclass:

Coccidiasina 

Order

Eucoccidiorida 

Keluarga:

Sarcocystidae 

Genera

Toxoplasma 

Spesies:

T. gondii 

Binomial

Toxoplasma gondii 
(Nicolle & Manceaux, 1908)

Toxoplasma gondii adalah spesies parasit  protozoa. Hospes definitif T.gondii adalah kucing, tetapi parasit dapat dilakukan oleh banyak hewan berdarah panas (burung dan mamalia) penyakit yang T. gondii adalah agen penyebab, biasanya kecil dan membatasi diri tetapi bisa serius atau bahkan fatal efek pada janin yang ibunya kontrak pertama penyakit selama kehamilan atau padakekebalan manusia atau kucing.

Sejarah Penemuan

T. gondii pertama kali diamati pada tikus oleh Nicolle dan Manceaux pada tahun 1908, tidak diidentifikasi sebagai agen penyakit menular hingga 1932. Kasus ensefalitis toxoplasma dilaporkan pada 1939 oleh Wolf et al. T.beause gondii diakui sebagai penyakit fatal orang dewasa pada tahun 1968 setelah beberapa kasus ensefalitis toxoplasma ditemukan pada pasien dengan kanker hematologic. Kemudian menjadi lebih luas, tercatat sebagai penyebab morbiditas pada pasien imunodefisiensi, termasuk pasien AIDS mulai tahun 1983. T. gondii terus menjadi penyakit penting di dunia modern, terutama pada wanita hamil dan pasien immunocompromised (Mandell, Bennett dan Dolin, 2005)

Siklus hidup

Siklus hidup T. gondii memiliki dua fase. Fase seksual merupakan siklus kehidupan yang terjadi pada anggota Felidae (domestik dan kucing liar), sebagai hospes definitif. Fase aseksual merupakan siklus kehidupan yang terjadi pada hewan berdarah panas, seperti mamalia (termasuk felines) dan burung. Pada hospes definitif, parasit menyerang sel-sel, kemudian membentuk intraselular parasitophorous vakuola yang berisi bradyzoites, yang perlahan-lahan membentuk replikasi parasit. Di dalam vakuola jaringan parasit berbentuk kista terutama didalam jaringan otot dan otak. Karena mereka berada di dalam sel, sistem kekebalan tubuh hospes tidak dapat mendeteksi kista ini. Kista sangat sulit untuk dihilangkan dan resisten terhadap antibiotik bervariasi. Dalam vakuola ini T. gondii akan menjalar  secara endodyogeny sampai akhirnya sel yang terinfeksi pecah dan tachyzoites dilepaskan. Tachyzoites dapat mengubah tempat, bentuk reproduksi aseksual parasit. Tidak seperti bradyzoites, tachyzoites biasanya dibersihkan oleh respon kekebalan tubuh inang, meskipun beberapa tachyzoites berhasil menginfeksi sel dan membentuk bradyzoites, dengan demikian mempertahankan infeksi (John, David T. dan Petri, William A, 2006).

Jaringan kista yang tertelan oleh kucing (misalnya, dengan memakan tikus yang terinfeksi) akan pecah di dalam perut kucing kemudian parasit menginfeksi sel-sel epitel dari usus  di mana mereka menjalani oocyst reproduksi seksual dan pembentukan. Oocysts dikeluarkan bersamaan dengan kotoran. Hewan dan manusia yang menelan oocysts (misalnya, dengan makan sayuran yang belum dicuci dll) atau kista jaringan dalam daging hewan yang terinfeksi karena tidak dimasak hingga matang. Parasit memasuki kedalam tubuh akan pecah di usus dan masuk ke dalam lapisan usus dan didistribusikan melalui aliran darah ke seluruh tubuh.

Menurut John dan Petri pada tahun 2006, toksoplasma mampu mendisregulasi siklus sel inang dengan menggadakan sel-sel di G2 / M perbatasan. Sel-sel yang terinfeksi mengeluarkan faktor yang menghambat siklus sel-sel tetangga. Alasan untuk Toxoplasma's mendisregulasisiklus sel tidak diketahui, tetapi penelitian menunjukkan bahwa infeksi pada sel inang preferensial di S-fasa dan struktur sel inang yang berinteraksi Toxoplasma mungkin tidak dapat diakses selama tahap-tahap lain dari siklus sel.

Gejala

Mnurut Mayo Clinic staff. Kebanyakan penderita tidak akan tahu bahwa dirinya terjangkit toksoplasmosis, meskipun beberapa orang mungkin mengembangkan gejala toksoplasmosis mirip dengan flu atau mononukleosis, dalam beberapa kasus yang sangat jarang timbul tanda dan gejala toksoplasmosis yang berat seperti penglihatan kabur, kebingungan, hilangnya koordinasi membutuhkan perawatan medis segera, terutama jika sistem kekebalan tubuh telah melemah.

Tanda-tanda pada bayi 

Kebanyakan wanita hamil dengan toksoplasmosis tidak memiliki tanda-tanda atau gejala penyakit, tetapi bagi penderita yang terinfeksi untuk pertama kali tepat sebelum atau selama kehamilan memiliki sekitar 30 persen kesempatan untuk melewati infeksi ke bayi (toksoplasmosis kongenital). Risiko dan tingkat keparahan infeksi pada bayi sering bergantung pada saat dalam kehamilan. Bayi yang paling berisiko tertular toksoplasmosis jika terinfeksi pada trimester ketiga dan tidak telalu beresiko jika terinfeksi selama trimester pertama. Di lain pihak, pada infeksi pada awal kehamilan, sering berakhir pada kematian atau keguguran, dan anak-anak yang bertahan hidup kemungkinan besar akan lahir dengan masalah serius.

Penyebab

Kotoran kucing yang mengandung parasit. Anda mungkin tidak sengaja menelan parasit jika Anda menyentuh mulut setelah berkebun, membersihkan kotak sampah atau menyentuh apapun yang berhubungan dengan kotoran kucing yang terinfeksi. Kucing yang berburu atau yang diberi makan daging mentah yang memungkinkan terinfeksi T. gondii.

Menelan makanan atau air yang terkontaminasi. Domba, babi dan rusa secara khusus mungkin terinfeksi dengan T. gondii.Kadang-kadang, produk susu yang tidak dipasteurisasi juga dapat mengandung kista.

 

 

Terkontaminasi pisau, talenan atau peralatan lainnya. Alat-alat dapur yang bersentuhan dengan daging mentah yang terinfeksi parasit kecuali alat-alat dicuci secara menyeluruh dalam banyak panas, air sabun.

Terkontaminasi, buah-buahan dan sayuran. Permukaan buah-buahan dan sayur-sayuran mungkin mengandung parasit. Oleh karena itu sebaiknya dicuci, terutama setiap anda makan mentah.

Transplantasi organ yang terinfeksi atau transfusi darah. Kasus ini yang jarang terjadi, toksoplasmosis dapat ditularkan melalui transplantasi organ atau transfusi darah.

Parasit T. Gondii bisa bertahan hidup dalam bentuk kista seumur hidup inang dalam kondisi inaktif, saat tubuh kehilangan atau mengalami penurunan sistem imun, kista bisa aktif kembali.

Tes dan diagnosis

Amniosentesis. Dalam prosedur ini, dapat dilakukan secara aman setelah 15 minggu pertama kehamilan, dokter menggunakan jarum halus untuk menghilangkan sejumlah kecil cairan dari kantung ketuban. Kemudian dilakukan tes pada fluida untuk memeriksa bukti toksoplasmosis. Tes membawa sedikit risiko keguguran. Anda mungkin juga mengalami komplikasi kecil, seperti kram, kebocoran cairan atau iritasi di mana jarum itu dimasukkan.

Ultrasound scan. Tes ini menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar bayi di dalam rahim. USG rinci tidak dapat mendiagnosis toksoplasmosis, meskipun dapat menunjukkan apakah bayi Anda memiliki tanda-tanda tertentu, seperti hidrosefalus. Tetapi karena kebanyakan bayi tidak menunjukkan tanda-tanda toksoplasmosis pada saat kelahiran, USG negatif tidak menyingkirkan kemungkinan infeksi. Untuk alasan itu, bayi akan memerlukan pemeriksaan menyeluruh setelah kelahiran dan tindak lanjut tes darah selama tahun pertama kehidupan.

Pengujian dalam kasus yang parah. Penyakit yang mengancam jiwa seperti toxoplasmic ensefalitis perlu satu atau lebih pencitraan tes untuk memeriksa lesi atau kista di otak. Ini termasuk: Magnetic Resonance Imaging (MRI). Tes ini menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk menciptakan gambar penampang kepala dan otak. MRI adalah non-invasif dan tidak menimbulkan risiko terhadap kesehatan Anda. Otak biopsi. Pada kasus yang jarang terjadi, terutama jika tidak menanggapi pengobatan, seorang ahli bedah saraf dapat mengambil contoh jaringan kecil dari otak. Sampel ini kemudian dianalisis di laboratorium untuk memeriksa keberadaan toxoplasmic kista (Mandell, Gerald L.; Bennett, John E. dan Dolin, Raphael. 2005).

Referensi Umum

Cohen, Jonathan dan Powderly, William G. 2004. Infectious Diseases. 2nd ed. Mosby. 

John, David T. dan Petri, William A. 2006. Markell dan Voge's Medical Parasitology. 9 ed. St Louis: Elsevier Inc

Mandell, Gerald L.; Bennett, John E. dan Dolin, Raphael. 2005. Mandell, Douglas dan Bennett's Principles and Practice of Infectious Diseases. 6th ed.Philadelphia: Churchill Livingstone, An Imprint of Elsevier.

Primer Referensi

Tekan, Cynthia; Montoya, Jose G. dan Remington, Jack S. Penggunaan Sampel Single Serum untuk Diagnosis Toksoplasmosis Akut pada Wanita Hamil dan Dewasa. Mikrobiologi J Clin 2005; 43 (7) :3481-3483.

Image Referensi

Divisi Parasitic Diseases, Centers for Disease Control. DPDx Image Library. Diakses 2006 Mei 24. URL:http://www.dpd.cdc.gov/dpdx/HTML/ImageLibrary/Toxoplasmosis_il.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar